Community Coin Voting merupakan program Indodax untuk menentukan aset digital baru yang akan terdaftar pada platform Indodax. Pada program ini seluruh member Indodax bisa berpartisipasi mulai dari proses pendaftaran aset digital sampai dengan pemberian suara melalui voting pada aset digital yang diinginkan. Hanya akan ada 1 (satu) aset digital baru yang didaftarkan pada platform Indodax dalam setiap periode program Community Coin Voting.

Syarat dan Ketentuan program Community Coin Voting.

PENDAFTARAN ASET DIGITAL

  1. Jadwal Pendaftaran dapat dilihat di blog
  2. Pendaftaran aset digital hanya bisa dilakukan oleh member Indodax yang sudah terverifikasi.
  3. Untuk mendaftarkan aset digital dalam program ini, diperlukan 100 TEN per aset digital yang didaftarkan dan akan dipotong dari saldo member pada saat melakukan pendaftaran coin/token tersebut.
  4. Member pendaftar wajib menjaminkan sejumlah TEN sebagai security deposit, yang jumlahnya bisa ditentukan sendiri oleh pendaftar saat melakukan pendaftaran.
  5. Aset digital yang bisa didaftarkan adalah:
    1. Project yang tidak melanggar peraturan yang berlaku di Indonesia
    2. Minimal sudah terdaftar di 3 exchange yang terdaftar di CoinMarketCap
    3. Tidak termasuk project MLM/lending/investasi
    4. Memiliki identitas founder/co-founder yang jelas
    5. Terdaftar di coinmarketcap.com
    6. Supply dan sirkulasi aset digital jelas dan bisa dilihat di network blockchain
    7. Indodax hanya mendukung Ethereum Token, NEO Token, Stellar Token, Achain token, Waves Token. Mainnet merupakan salah satu pertimbangan dari manajemen Indodax
  6. Pertimbangan internal lainnya oleh manajemen INDODAX.
  7. Pendaftaran aset digital bisa dilakukan di website Indodax.com di menu “Community Coin Voting”

SECURITY DEPOSIT

  1. Pendaftaran aset digital memerlukan sejumlah security deposit yang bisa ditentukan sendiri oleh member pendaftar.
  2. Security deposit berupa token TEN.
  3. Security deposit sebagai jaminan project coin/token tersebut akan berjalan lancar setidaknya untuk sampai 1 tahun ke depan. Jika karena sesuatu atau lain hal coin/token yang sudah didaftarkan ternyata bermasalah (contoh: tim bubar, tim meminta untuk delisting, likuiditas kecil, terjadi chain-split, melanggar peraturan, dll), maka security deposit akan dibayarkan kembali kepada member yang masih memiliki coin/token tersebut sesuai dengan perhitungan pro-rata saldo yang dimiliki.
  4. Jumlah security deposit bisa ditambahkan hingga 24 jam sebelum periode voting berakhir, namun tidak bisa dikurangi.
  5. Jumlah security deposit masing-masing coin/token akan tampil di halaman voting.

COMMUNITY VOTING

  1. Member yang bisa melakukan voting adalah member INDODAX yang sudah terverifikasi.
  2. Setiap 1 vote yang dikirimkan memerlukan 0.1 TEN yang akan dipotong langsung dari saldo akun member.
  3. Tidak ada batas maksimal vote untuk setiap member.
  4. Member bisa melakukan vote ke lebih dari 1 coin/token.
  5. Setiap vote yang sudah dilakukan adalah final dan tidak bisa dibatalkan.
  6. TEN yang terkumpul dari program Community Coin Voting akan disimpan dalam Cold Storage dan tidak digunakan dalam setidaknya 1 tahun setelah periode voting selesai. TEN tersebut akan disimpan pada alamat berikut: 0xd39c74c6a8c2b759a6b855804964a24cab2fa79b

 PENILAIAN

  1. Penilaian Community Coin Voting periode V dihitung berdasarkan jumlah vote dan jumlah security deposit, dengan rumus :
    Score = (jumlah TEN voting * 90%) + (jumlah TEN security deposit * 10%).Contoh :
    – coin ABC mendapatkan 1.000.000 vote dan telah memberikan security deposit sebesar 100.000 TEN, maka perhitungan score adalah (1.000.000 x 0.1 TEN x 90% ) + (100.000 x 10%) = 100.000.
  2. Penilaian Community Coin Voting periode VI dihitung berdasarkan jumlah vote, jumlah security deposit dan 50% Score periode sebelumnya, dengan rumus :
    Score = { (akumulasi jumlah TEN voting * 90%) + (Total TEN security deposit * 10%) } – (50% * Total Score Community Coin Voting periode V).Contoh :
    – coin ABC pada periode sebelumnya mendapatkan 1.000.000 vote dan 100.000 security deposit. Lalu pada Community Coin VI mendapatkan tambahan 2.000.000 vote dan security deposit sebesar 500.000 TEN, maka perhitungan scorenya adalah { (1.000.000+2.000.000) x 0.1 TEN x 90%  + (100.000+500.000 x 10%) } – (50% * 100.000) = 280.000.
  3. Hanya ada 1 pemenang dalam setiap periode
  4. Pemenang memerlukan minimal score sebesar 10.000.
  5. Pemenang memerlukan minimal 100 orang member lain yang turut memberikan vote.

MODERASI

  1. INDODAX akan memoderasi semua pendaftaran aset digital yang masuk yang akan di listing dari hasil Community Coin Voting.
  2. INDODAX dapat menolak pendaftaran aset digital yang dianggap melanggar ketentuan secara sepihak.
  3. Apabila pendaftaran coin/token ditolak atau tidak jadi dilisting karena alasan apapun untuk pemenang ccv, maka hanya security deposit akan dikembalikan kepada pendaftar.
  4. Saldo sejumlah 100 TEN yang sudah dipotong sebagai syarat pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
  5. INDODAX akan melakukan Due Diligence terhadap pemenang voting untuk identitas manajemen dan perusahaan. Apabila tidak lolos Due Diligence maka tidak akan dilisting. Pemenang akan diberikan kepada pemenang di posisi kedua. Aset digital yang dipakai untuk voting tidak dikembalikan dalam kondisi apapun sekalipun tidak lolos Due Diligence.
  6. Pihak manajemen berhak mendiskualifikasi, menggugurkan maupun tidak melanjutkan setiap Project Aset Digital ke round berikutnya atau tidak.
  7. Apabila project aset digital yang didaftarkan gagal memenangkan voting pada COMMUNITY COIN VOTING, maka jumlah vote dan security deposit akan disimpan untuk periode berikutnya. Jumlah vote tidak akan hangus saat periode voting berikutnya dimulai. Jika project aset digital yang didaftarkan gagal dalam satu periode, maka project aset digital tersebut dapat mengikuti COMMUNITY COIN VOTING periode selanjutnya apabila disetujui oleh pihak manajemen
  8. Setiap keputusan manajemen bersifat final dan tidak wajib memberikan alasan bagi setiap keputusan yang diambil
  9. Project yang ingin mengikuti Community Coin Voting wajib sudah meletakkan nama perusahaan yang terdaftar dan tertera di website sebelum periode voting dimulai.

LAIN-LAIN

  1. Peraturan yang dibuat untuk Community Coin Voting bisa berubah pada periode selanjutnya.
  2. Apabila aset digital yang didaftarkan gagal memenangkan CCV pada periode sebelumnya, skor voting akan dipotong sejumlah 50% pada CCV periode berikutnya. Pemotongan ini mulai berlaku di CCV ke 6 untuk peserta CCV5, dan bertujuan untuk menjaga keadilan bagi peserta baru di periode berikutnya.
  3. INDODAX juga dapat mendaftarkan aset digital tanpa melalui mekanisme Community Coin Voting apabila aset digital mememenuhi salah satu dari persyaratan berikut:
    – Masuk dalam peringkat 100 besar di coinmarketcap.com
    – Pertimbangan internal lainnya oleh manajemen Indodax
    – Mohon diperhatikan bahwa semua jenis aset digital di Indodax dapat memiliki kemungkinan untuk didelisted dari Indodax apabila proyeknya terkendala, volume perdagangan kecil, permintaan regulasi Indonesia, maupun pertimbangan manajemen